welcome

Sabtu, 28 Oktober 2017

DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)

💟DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)💟

Flowchart :

💨 suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program. 

🔺Simbol simbol yang digunakan dalam flowchart:

 

🔺Diagram Alur untuk Program Komputer umumnya terdiri atas :

1. Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer
2. Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3. Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya.

🔺Flowchart terdiri dari tiga struktur :

1. Stuktur squence / Struktur sederhana

2. Struktur Branching

 3. Stuktur Looping :



Catatan :
Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.


1. Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I)

Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yg dapat berubah harganya.
 

Contoh menggambarkan pemberian harga suatu variabel :


2. Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II)

Dengan menggunakan kotak masukan/baca/input/read.

STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA

Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan tanpa adanya percabangan atau pengulangan .

STRUKTUR BRANCHING (Percabangan)



A. Bersyarat

1. IF
Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH.
Bentuk Umum :
 

if (kondisi)
pernyataan ;
 

Struktur Branching/percabangan:


2. IF ...... ELSE
 

Bentuk umum :
 

if (kondisi)
perintah1;
else
perintah 2;

Diagram alur dr pemakaian IF......ELSE :

3. Nested IF

Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain
Bentuk umum :

 
if (syarat)
if (syarat)
....perintah;
else
....perintah;
else
if (syarat)
....perintah;
else
....perintah;

 IF.....ELSE Majemuk (bertingkat)

 If-else majemuk mirip dengan nested if.
 Keuntungan penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan lebih sederhana.
 

Bentuk umum :
 

if (syarat)
{
... Perintah;
}
else if (syarat)
{
... Perintah;
}
else
{
... Perintah;
}


4. Switch Case

untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif.
Bentuk Umum :
 

switch (ekspresi integer atau karakter)
{
case konstanta1:
...perintah;
break;
case konstanta2:
...perintah;
break;
default :
...perintah;
break;
}

B. Tidak Bersyarat

Go To

Bentuk umum :
goto label; 
Contoh :
Hitung : statement;
statement;
statement;
statement;
Goto hitung;
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar